Walau Enak Dipakai Sepatu Karet Juga Memiliki Efek Negatif

Efek Negatif Sepatu karet – Sepatu karet mungkin bukan jenis alas kaki yang tampak stylish dikenakan bepergian. Namun item yang dipopulerkan oleh brand Crocs tersebut selalu dibutuhkan karena nyaman dikenakan di keseharian. Sejumlah selebriti, seperti Helen Mirren, Steve Tyler, Jack Nicolson hingga Kate Middleton pun tak malu mengenakannya.

Meski nyaman dikenakan terutama saat berkegiatan santai, sepatu karet ternyata punya dampak negatif untuk kesehatan. Sejumlah podiatris pun mengungkapkan demikian. Salah satu ahli penyakit kaki bernama Dr. Megan Leahy mengatakan jika item itu tidak baik digunakan untuk keseharian.

Baca Juga : Kamu Jarang Olahraga? Baca Tips Langsing Secara Aman Ini..

sepatu olahraga

sepatu olahraga / instagram

“Sepatu ini tidak cukup mengamankan tumit. Ketika tumit tidak stabil, jari kaki cenderung menekuk yang bisa menyebabkan tendinitis, cacat kaki yang lebih parah, masalah kuku, dan kapalan. Hal yang sama bisa terjadi dengan sandal jepit atau sepatu yang tidak ada bagian belakang lainnya,” kata podiatris berbasis di Chicago kepada Huffington Post.

Dr. Alex Kor selaku presiden American Academy of Podiatric Sports Medicine juga menyetujuinya. Ia bahkan cukup sering menemukan pasien yang mengalami sakit di bagian tumit karena mengenakan sepatu Crocs. Sebagian pasiennya juga ada yang telapak kakinya melengkung terlalu tinggi menderita bahkan edema atau penggembungan pada bagian kaki atau pergelangan.

Kesimpulannya, sepatu karet boleh dikenakan tapi sebaiknya jangka waktu pendek saja. Jenis alas kaki tersebut tidak terlalu baik digunakan berjalan terlalu lama, paling tidak delapan sampai 10 jam sehari.

Tak hanya dokter yang ahli pada penyakit kaki, para pelanggan juga kerap mewanti-wanti pasca mengeluhkan sisi negatif serupa saat mengenakan sepatu karet dalam jangka waktu lama. Meski begitu, sepatu Crocs tetap cukup laku di pasaran. Alas kaki tersebut sudah tersebar di 90 negara dan masih tetap digemari meski sudah tidak dianggap trendy

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *