Tubuh Langsing Setelah Melahirkan Dengan Tips Ini

Tubuh Langsing Setelah Melahirkan – Setelah melahirkan, ukuran tubuh ibu tidak langsung kembali seperti semula. Ada proses bertahap agar tubuh dapat kembali langsing. Namun ada juga ibu yang tidak dapat langsing kembali dikarenakan beberapa faktor.

Bagi anda yang ingin kembali langsing pasca melahirkan, berikut terdapat beberapa tips melangsingkan tubuh setelah melahirkan dengan aman.

Menyusui

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa aktivitas menyusui dapat membantu menurunkan berat badan ibu secara bertahap. Paling tidak, selama 6 bulan pasca melahirkan. Proses menyusui telah melepaskan hormon ke dalam tubuh, yang kemudian membantu rahim mengembalikan tubuh menjadi seperti saat sebelum hamil. Menyusui juga sama seperti membakar 200-500 kalori. Jumlah ini sama seperti kalori yang terbakar setelah anda berenang dan bersepeda selama satu jam.

Tubuh Langsing Setelah Melahirkan Dengan Tips Ini

Tubuh Langsing Setelah Melahirkan Dengan Tips Ini

Berolahraga

Kita tahu bahwa olahraga memang sangat efektif untuk menurunkan berat badan, terutama lari, berenang, lompat tali, dan bersepeda. Namun untuk kasus ibu yang baru melahirkan, ia harus mengkonsultasikannya dengan dokter mengenai jenis olahraga yang aman dilakukan, terutama jika ibu menjalani proses melahirkan dengan jalan Caesar. Sebaiknya, anda juga mencari teman yang sama untuk berolahraga agar dapat saling memotivasi.

Membuat target realistis

Mustahil ukuran tubuh dapat kembali seperti semula dalam waktu sekejap. Oleh karena itu, agar termotivasi untuk menurunkan berat badan, anda harus membuat target realistis. Misalnya dengan menempelkan foto sebelum hamil pada pintu kulkas.

Mengubah kebiasaan makan

Cara menguruskan tubuh setelah melahirkan berikutnya adalah dengan mengubah kebiasaan makan. Daripada makan 1 kali sehari namun ditambah dengan cemilan manis dan kurang menyehatkan, seperti cokelat dan keripik, lebih baik anda makan 3 kali sehari dengan menu sehat yang lengkap. Selain itu, ibu yang baru melahirkan juga harus memperhatikan gizi yang terkandung dalam makanan-minuman yang dikonsumsi.




Memperbanyak konsumsi air putih

Air putih berfungsi membersihkan seluruh organ tubuh dari penyakit dan racun, terutama saluran pencernaan. Proses hidrasi ini sangat penting bagi tubuh karena membantu proses pencernaan menjadi lebih baik dan membantu melangsingkan tubuh karena dapat menahan rasa lapar. Air putih juga dapat mencairkan konsentrasi sodium sehingga akan meningkatkan pengeluaran air pada sistem pencernaan.

Tidur yang cukup

Merawat bayi membuat ibu tidak dapat tidur selama 8 jam penuh. Padahal tidur yang cukup dapat membantu melancarkan usaha menurunkan berat badan. Ya, sebuah studi menyatakan bahwa ibu yang tidur selama 5 jam pasca melahirkan cenderung lebih sulit kembali langsing dibandingkan ibu yang tidur selama 7 jam.

Saat tubuh lelah, maka tubuh melepaskan hormon cortisol dan hormon stress lainnya yang memicu peningkatan berat badan. Di samping itu, saat lelah, anda cenderung tidak memperhatikan kebutuhan tubuh anda dan tidak memperhatikan mana makanan sehat dan mana yang tidak. Bahkan anda cenderung memilih makanan olahan dan yang dapat diperoleh dengan mudah. Tidak hanya itu, saat lelah, anda juga menjadi semakin malas beraktivitas fisik.

Bercengkerama dengan bayi

Aktivitas ini juga termasuk salah satu tips melangsingkan tubuh setelah melahirkan. Selain menyenangkan, bercengkerama dengan bayi juga dapat membakar lemak dalam tubuh. Contohnya, mengajak bayi berjalan-jalan, baik dengan stroller maupun menggendongnya.

Meminta bantuan

Bila anda tengah berusaha melangsingkan tubuh, cobalah untuk meminta bantuan dokter ataupun pakar diet. Pakar diet dapat membantu anda dalam menyusun pola makan yang dapat menurunkan berat badan. Sementara dokter dapat menuntun anda untuk menentukan berapa kg yang harus diturunkan.

Itulah beberapa kiat melangsingkan tubuh setelah melahirkan. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Sumber: http://bidanku.com/tips-menurunkan-berat-badan-setelah-melahirkan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *