Setrika Wajah, Agar Kulit Lebih Halus dan Kencang dengan “Digosok”

Setrika wajah menjadi salah satu perawatan kecantikan yang kini banyak dilakukan wanita untuk mengatasi berbagai tanda-tanda penuaan kulit. Misalnya saja kulit wajah yang mengendur atau munculnya noda hitam. Perawatan ini diklaim bisa mengencangkan kulit dan membuat wajah terlihat lebih muda.

Tidak ada sumber pasti yang menyebutkan sejak kapan setrika wajah mulai populer di dunia kecantikan modern. Tetapi prosedur kecantikan ini mulai dikenal luas sejak 2000-an. Berdasarkan data yang dihimpun dari American Society for Aesthetic Plastic Surgery (ASAPS), setrika wajah merupakan salah satu perawatan yang paling populer dilakukan di Amerika pada 2013, yakni sekitar 293 ribu prosedur.

Baca Juga : Perawatan Setrika Wajah untuk Kencangkan Kulit

setrika wajah dengan cara digosok

setrika wajah dengan cara digosok / google image

Apa yang dimaksud dengan perawatan setrika wajah? Dituturkan oleh dr. Kardiana Purnama Dewi SpKK, banyak orang yang masih bingung dengan penamaan tersebut. Menurutnya, perawatan wajah yang dimaksud adalah Radiofrequency, tetapi di Indonesia lebih dikenal dengan perawatan setrika wajah karena wajah ‘digosok’ dan diberikan ion atau energi panas.

“Pada prinsipnya setrika wajah itu bukan wajah yang disetrika dalam arti sebenarnya, tapi ada alat namanya Radiofrequency (RF) yang mengandung ion yang membuat kulit kencang dan efeknya langsung terlihat,” tuturnya .

Karena efek yang dihasilkan bisa langsung terlihat dalam satu kali perawatan, maka perawatan ini sering disebut-sebut dengan setrika wajah, analoginya ketika baju yang kusut disetrika akan terlihat halus dan mulus. Sama halnya dengan kulit kendur yang ‘disetrika’ dengan RF, kulit akan menjadi lebih kencang dan elastis.

Seperti dikutip dari The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology yang ditulis oleh dermatologis asal Amerika Michael H. Gold, RF adalah prosedur perawatan estetika yang menggunakan energi radiofrekuensi untuk memanaskan jaringan di bawah kulit dan merangsang produksi kolagen untuk mengurangi munculnya garis halus dan kulit yang kendur.

Secara teknis, RF adalah jumlah getaran dan gelombang yang dihasilkan per detik dari medan listrik di dalam bagian gelombang elektromagnetik. Getaran ini memiliki frekuensi radiasi elektromagnetik di dalam spektrum yang cukup rendah dan dapat menjangkau gelombang radio frekuensi, gelombang mikro, inframerah, ultraviolet, sinar-x, dan sinar gamma.

RF sendiri awalnya banyak digunakan dalam operasi plastik, mulut, mata, dan ginekologi lebih dari 70 tahun lalu. Secara bertahap mulai digunakan dalam praktik bedah syaraf, THT, kardiologi, dan pada dunia kecantikan sebagai tambahan perawatan kecantikan terbaru untuk mengatasi penuaan pada kulit wajah.

Setrika wajah menjadi salah satu perawatan yang dihadirkan sebagai alternatif prosedur facelift atau operasi plastik pembedahan kulit wajah untuk menghilangkan kerutan dan mengencangkan kulit wajah serta leher. RF memberikan energi ke dalam lapisan kulit dermis dan sub-dermis serta melindungi lapisan epidermis. Energi panas yang diberikan tanpa merusak lapisan luar kulit dan menyebabkan perubahan pada jaringan mikroskopis serta mendorong pertumbuhan kolagen.

Mengingat perawatan setrika wajah yang cukup populer ini, banyak perusahaan yang memproduksi alat RF seperti Thermage, Venus Freeze, Exilis, dan lain-lain. Bahkan, perangkat ini juga diproduksi tidak hanya untuk klinik kecantikan, namun juga bisa digunakan di rumah (home care treatment).

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *