Kamu Terkena Luka Bakar Ringan, Ini Pertolongannya

Pertolongan pertama luka bakar – Pekerjaan dimanapun mengandung resiko. Salah satunya ialah luka bakar, apalagi jika anda bekerja di dapur. Biasanya luka seperi tersiram air panas, memegang panci panas, terciprat minyak dan lainnya termasuk dalam luka bakar. Anda harus berhati-hati dalam melakukan pekerjaan.

Kecelakaan biasanya tidak di sengaja, memegang gagang panci yang panas sampai meninggalkan rasa nyeri di kulit juga bekas yang kemerahan. Lalu harus bagaimanakah anda jika luka bakar ringan seperti ini terjadi di rumah. Ada baiknya sebelum panik menyerang,  Anda bisa mengatasi luka bakar sendiri di rumah dengan cara nmudah berikut ini:

memasak di dapur

memasak di dapur bisa mengakibatkan luka bakar

  1. Jangan panik, langsung dinginkan kulit anda yang terbakar dengan air yang mengalir. Kompreslah daerah luka dengan air yang dingin (jangan air es) untuk segera membantu mengurangi rasa nyeri yang berlebih.
  2. Apabila luka bakar anda akibat terkena zat kimia, segeralah siram dengan air mengalir gunanya untuk membilas zat kimia yang menempel di kulit. Jika penyebabnya merupakan bubuk, bersihkan terlebih dulu bubuk yang menempel, lalu kemudian disiram dengan air yang mengalir.
  3. Jangan mengobati dan mengolesi luka dengan pasta gigi, minyak atau mentega karena mampu mnjadikannya infeksi. Gunakanlah salep antibiotik untuk luka bakar. Hal ini penting untuk mengobati dan juga membantu mencegah infeksi.
  4. Anda bisa minum obat Pereda nyeri, konsutasikan duu dengan dokter. Jangan asal minumobat sembarangan.
  5. Jika terjadi gelembung atau lepuhan pada kulit, jangan dikelupas karena bisa menyebabkan infeksi. Kunjungi dokter segera untuk mendapatkan perawatan yang tepat lebih lanjut.

Berhati-hatilah ketika melakukan pekerjaan, apalagi jika anda bekerja di dekat panas. Perhatikan lingkungan sekeliling anda, fokus dan juga jangan melakukan kerja sambil memainkan handphone.

Baca Juga : Cara Alami Memanjangkan Rambut

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *