Mengenal Keputihan, Informasi Untuk Kamu Yang Masih Awam

Keputihan normal (fisiologis), sebenarnya tidak berwarna putih dan kurang pas disebut keputihan, karena banyak dipengaruhi oleh sistem hormonal tubuh, sehingga banyak sedikitnya sekret/cairan vagina sangat bergantung pada siklus bulanan dan tingkat stress yang bisa mempengaruhi siklus bulanan itu sendiri.

Apa sih Keputihan? masih banyak kaum hawa yang belum mengenal dengan kondisi ini. Keputihan merupakan kondisi dimana miss V mengeluarkan cairan sekresi berwarna bening, tidak lengket dan encer, tidak mengeluarkan bau yang mengganggu.

Mengenal Keputihan

Mengenal Keputihan

Gejala diatas tersebut merupakan proses normal pada kaum wanita sebelum atau sesudah haid dan juga merupakan tanda masa subur pada wanita. Kondisi ini juga lazim pada bayi perempuan yang baru lahir. Dalam periode satu hingga sepuluh hari, biasanya vagina sang bayi dapat keluar cairan yang merupakan pengaruh hormon yang dihasilkan oleh plasenta atau ari-ari sang bayi.

Untuk gadis muda pada beberapa waktu juga sering mengalami keputihan yaitu sesaat sebelum masa puber terjadi. biasanya gejala keputihan ini akan hilang dengan sendirinya.

Pada umumnya gejala keputihan yang normal tidak disertai dengan rasa gatal. Keputihan juga bisa dialami oleh wanita yang kondisinya terlalu lelah atau ketika daya tahan tubuhnya lemah. Sebagian besar cairan keputihan tersebut berasal dari leher rahim, walaupun kadang ada juga yang berasal dari vagina yang terinfeksi, atau alat kelamin bagian luar.




Kondisi keputihan umumnya sering dialami oleh wanita hamil, karena pada waktu wanita hamil, maka kekebalann tubuhnya akan menurun.

Pada waktu menopause dimana keseimbangan hormonalnya terganggu juga biasanya akan menimbulkan keputihan.

Gejala keputihan belum tentu merupakan penyakit yang mengganggu kamu. Kenalilah gejalanya dan juga jangan ragu untuk mengunjungi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *