Jurus Menghemat Uang Ala Anak Kost Yang Efektif

Cara menghemat uang ala anak kost – Uang saku yang diberikan “pas-pasan” setiap bulan membuat anak kost harus memutar otak agar uang tersebut dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Meskipun pada faktanya, ada banyak anak kost yang kehabisan uang sebelum awal bulan datang, sehingga mereka harus berhemat, seperti makan mi instan.

Bahkan ada yang berusaha menahan lapar dengan minum air putih saja saat malam hari. Cara-cara ini tentu menyiksa diri dan berdampak buruk bagi kesehatan & perkuliahan. Daripada terlalu lama menyiksa diri, lebih baik ikuti cara menghemat uang ala anak kost berikut:

Menghemat Uang Ala Anak Kost

Menghemat Uang Ala Anak Kost

Membawa uang pas

Kemanapun anda pergi, saat ke kampus maupun keluar kos, bawalah uang secukupnya. Hal ini akan mencegah anda membeli sesuatu yang tidak begitu penting.

Berbelanja sesuai kebutuhan

Saat mendapatkan kiriman uang bulanan dari orangtua, para anak kost seringkali langsung membelanjakannya ke supermarket untuk membeli kebutuhan bulanan. Ketahuilah hal ini justru membuat anda semakin boros, karena anda menganggap persediaan sebelumnya telah habis. Padahal persediaan sebelumnya masih cukup. Oleh sebab itu, saat berbelanja kebutuhan bulanan, pastikan membuat daftar kebutuhan yang memang dibutuhkan. Jangan sia-siakan uang anda untuk keinginan sesaat.

Memasak makanan sendiri

Cara menghemat uang ala anak kost berikutnya adalah dengan memasak makanan sendiri. Cara ini akan membuat anda lebih hemat. Bila tidak punya waktu banyak untuk memasak, anda cukup memasak nasi saja dan membeli lauk dan sayur di warung. Untuk membuat kopi, teh, atau minuman lainnya yang membutuhkan air panas, anda dapat membeli dispenser dan membuatnya sendiri, sehingga anda tidak perlu ke warung kopi.

Makan hemat

Bila ingin makan hemat, anda bisa mencoba mengolah telur, tepung, dan sayuran, kemudian menggorengnya hingga matang. Omelette ini memiliki ukuran lebih besar daripada omelette biasanya. Jadi, anda dapat membaginya untuk 3 kali makan. Pastikan anda menggorengnya benar-benar matang, agar rasanya tetap enak hingga sore hari.

Membawa bekal

Dengan membawa bekal, anda akan menjadi lebih hemat. Namun bila anda tidak sempat memasak, paling tidak anda membawa air minum. Dengan begitu, saat anda makan di luar, tidak perlu memesan minuman.

Menyisihkan uang untuk ditabung

Sisihkan Rp 2000 Rp 5000 setiap harinya untuk ditabung. Tabungan ini dapat anda gunakan dalam keadaan darurat, sehingga anda tidak perlu mengambil dari uang bulanan atau harus menarik uang dari ATM.

Mengurangi hang out

Memang menyenangkan menghabiskan waktu bersama teman. Namun jika hang out dilakukan rutin, tentu akan membuat uang cepat habis. Oleh karena itu, aturlah jadwal hang out. Misalnya, cukup dua minggu sekali atau sebulan sekali.

Menggunakan wifi

Selain makanan, akses internet juga termasuk salah satu kebutuhan utama masyarakat modern sekarang ini. Tanpa harus menghabiskan banyak uang untuk membeli kuota internet, anda bisa memanfaatkan wifi gratis yang disediakan di tempat umum, seperti perpustakaan, kampus, minimarket, ataupun taman kota. Dengan cara ini, anda tetap bisa berselancar di internet dan tetap hemat.

Mencuci baju

Cara menghemat uang ala anak kost yang terakhir adalah dengan mencuci baju sendiri. Terkadang ada anak kost yang malas mencuci, sehingga mengandalkan jasa laundry. Alangkah baiknya uang untuk jasa laundry digunakan untuk membeli kebutuhan makan sehari-hari.

Itulah cara menghemat uang ala anak kost yang tepat. Semoga dengan cara-cara di atas, anda bisa menghemat pengeluaran, sehingga tidak kekurangan dan tidak perlu menyiksa diri. Selamat mencoba.

 

Sumber:

http://www.suara.com/bisnis/2015/11/05/070000/6-cara-menghemat-uang-belanja-bulanan-anda

http://dbagus.com/cara-menghemat-uang-bulanan-ala-anak-kos

http://news.okezone.com/read/2015/12/09/65/1264144/tips-anak-kos-berhemat-selama-sebulan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *