Ini Alasan Jangan Paksa Anak Makan sampai Habis

“Jangan sisakan makanan, banyak orang di luar sana yang kekurangan makanan,” ujar sebagian besar ibu kepada anak yang sering meninggalkan makanan.

Orangtua, sebaiknya segera hentikan kebiasaan memaksa anak untuk menghabiskan makanan. Pasalnya,memaksa anak untuk selalu menghabiskan makanan di atas piringnya, bisa berakibat buruk. Memaksakan anak menghabiskan makanan bisa membentuk perilaku anak yang negatif terhadap makanan. Selain itu, bisa juga mengakibatkan anak menderita obesitas.

Jangan Paksa Anak untuk Makan sampai Habis

Jangan Paksa Anak untuk Makan sampai Habis

Baca Juga : Merasa Ngantuk Sepanjang Hari? Ini Solusi Mudahnya..

“Tugas orangtua adalah menyediakan makanan sehat untuk anak, tetapi mereka tidak boleh mendikte porsi yang harus dihabiskan anak,” jelas Maggie Moon, RD, seorang pakar diet dari Los Angeles, AS.

Moon menganjurkan orangtua untuk memberikan pilihan jenis makanan sehat pada anak. Cara tersebut, setidaknya membuat anak lebih bertanggungjawab pada tubuhnya sendiri dan berapa porsi yang sesuai dengan level rasa lapar mereka.

“Selama pilihan makanannya adalah menu yang sehat, membiarkan anak memilih dan berapa banyak yang bisa mereka makan, merupakan cara untuk anak belajar memahami porsi makanan sesuai kapasitas perut,” urainya.

Lalu, untuk orangtua yang memiliki anak sulit makan, sebaiknya jangan membiarkan anak makan dalam kondisi terpaksa.

Regan Jones, RD, Co-Founder Healthy Aperture, menganjurkan bahwa jika memungkinkan Anda bisa menyediakan sejumlah jenis makanan sehat. Tujuannya agar anak lebih punya banyak pilihan sesuai selera mereka.

sumber

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *