Ibu Bekerja, Adakah Dampaknya Pada Anak?

Ibu bekerja secara fisik akan memberikan kekosongan pada kehadiran cara asuh terhadap anak. Namun jangan khawatir, dampak negatifnya dapat dihindarkan. Kehadiran ibu, khususnya pada anak laki-laki, sangatlah penting. Karena sosok ibu merupakan figur penting dalam pelajaran pertamanya mengenai perempuan.

Sang anak banyak belajar dari sang ibu, dan selalu memperhatikan tingkah laku sang ibu. Dari perkataan, sikap perilaku dan lainnya akan ditiru oleh sang anak. Hal-hal seperti apa yang bunda lakukan sebelum ibu bekerja, ciuman pipi dan kening ketika bunda pergi dan juga apa yang bunda lakukan untuknya ketika pulang kerja.

wanita karier

wanita karier

Ada hal-hal positif yang harus bunda lakukan dan perhatikan jika bunda sibuk bekerja dan tidak bersama si buah hati dalam kesehariannya.

Peran ibu bekerja bisa memberikan dampak positif pada perkembangan anak, khususnya anak laki-laki. Sang anak dalam pertumbuhannya akan menyadari bahwa bunda bekerja keras untuk masa depannya. Pada beberapa penelitian menunjukkan anak-anak yang ditinggal ibunya bekerja cenderung lebih mandiri dan mampu beradaptasi dengan baik dengan lingkungan baru.

Sering-seringlah berkomunikasi dengan si kecil dengan menelpon atau video chat pada waktu senggang bunda. Tanyakan kegiatan apa saja yang telah dilakukannya, juga bawakan makanan atau mainan kesukaannya sebagai hadiah kejutan pada saat tertentu.

Luangkan waktu untuk hadir pada acara sekolah, seperti mengambil rapot, kegiatan seni, acara outing dan sebagainya. Hal ini sangat penting, karena si kecil akan merasa senang dengan kehadiran bunda. Ajukan cuti dan amati tanggal-tanggal penting sekolah si kecil.

Tidak ada salahnya meminta izin untuk tidak masuk kantor jika sikecil demam. Biasanya dengan kehadiran bunda akan meringankan sakitnya, bahkan bukannya tidak mungkin sakitnya pun sembuh dengan sendirinya.

Kualitas waktu lebih utama dibanding kuantitas waktu. Walaupun ibu bekerja, tetapi waktu sebentar yang bunda luangkan tetapi memberikan makna yang dalam bagi pertumbuhan anak. Bagaimanapun juga anak merupakan karunia yang berharga dan tidak bisa tergantikan. Hal ini akan memberikan dampak positif pada ibu yang bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *