Cara Ini Bisa Menghemat Uang Belanja Bulanan Kamu Loh!

Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan – Banyak orang terbiasa berbelanja bulanan. Namun merasa stress setiap kali melihat sisa uang. Padahal anda merasa telah membeli kebutuhan pokok saja. Lantas, kemana aliran uang tersebut? Tentu anda tidak menginginkan hal ini berulang kali terjadi.

Sebenarnya tidak sulit mempraktikkan cara belanja bulanan hemat. Berikut ada beberapa cara menghemat uang belanja bulanan dengan mudah.

cara menghemat uang bulanan

cara menghemat uang bulanan

Membuat daftar barang yang ingin dibeli

Sebelum anda berbelanja, sebaiknya buatlah daftar barang yang akan dibeli dengan membagi antara kebutuhan pokok dan kebutuhan sekunder. Makanan pokok, sembako, dan perlengkapan mandi dimasukkan ke dalam daftar kebutuhan pokok. Sementara makanan penambah serat dan snack dimasukkan ke dalam daftar kebutuhan sekunder. Daftar belanja ini akan membantu anda lebih cepat berbelanja karena telah mengetahui barang apa sajakah yang hendak dibeli.

Membeli barang promosi

Umumnya pasar mengadakan promosi untuk menarik pelanggan. Promosi ini dilakukan dengan menurunkan harga barang atau memperkenalkan barang baru yang dipatok murah sebelum nantinya akan menjadi lebih mahal setelah beberapa waktu. Oleh karena itu, sebaiknya anda lebih rajin dalam mengamati apakah barang-barang yang anda butuhkan sedang diskon di toko bersangkutan. Akan lebih baik lagi jika anda menemukan toko yang memberikan diskon paling menguntungkan, karena dapat mengurangi pengeluaran anda.

Membeli produk bermerek supermarket

Tips Hemat pengeluaran uang belanja bulanan berikutnya adalah dengan membeli produk bermerek supermarket. Saat ini, ada banyak supermarket yang menawarkan produk sendiri, sehingga label produk sama dengan nama supermarket. Anda tentu sudah akrab dengan air mineral, sirup, gula pasir, mi instan, atau tisu berlabel nama supermarket tertentu. Biasanya harga produk-produk ini cukup kuat bersaing dengan label perusahaan lain dengan kualitas yang juga bagus. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda membeli produk bermerek supermarket.

Menentukan waktu berbelanja yang tepat

Sebaiknya anda menentukan waktu berbelanja yang tepat, yang akan menjadi rutinitas seterusnya. Anda dapat memilih akhir bulan agar uang yang digunakan tidak berlebihan. Bisa juga memilih awal bulan saat uang masih banyak, namun tekadkan untuk tidak lagi berbelanja kebutuhan pokok selain hari itu. Bisa juga memilih hari Jumat, karena di hari itu, sejumlah supermarket kerap memberlakukan diskon. Selain itu, pastikan anda tidak merasa lapar saat berbelanja. Karena sebuah survei menyatakan bahwa orang yang berbelanja saat lapar, akan menjadi lapar mata. Alhasil, biaya yang dikeluarkan menjadi lebih banyak. Perut kenyang akan membuat pikiran anda lebih jernih dalam menentukan barang yang memang dibutuhkan atau yang hanya keinginan sesaat.

Berbelanja dengan volume besar

Biasanya suatu produk memiliki variasi kemasan, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran sangat besar. Pilihlah produk bervolume besar karena secara perbandingan harga, produk bervolume besar lebih murah. Selain itu, sampah yang dihasilkan pun menjadi lebih sedikit daripada anda membeli produk kecil yang banyak. Hasilnya, belanja hemat yang ramah lingkungan pun tercapai.

Memanfaatkan voucher belanja

Kiat menghemat uang belanja bulanan yang terakhir adalah dengan memanfaatkan voucher belanja. Di era digital sekarang ini, telah banyak situs ataupun aplikasi smartphone yang memberikan voucher sehingga penggunannya dapat menhemat pengeluaran. Anda dapat memanfaatkan cara ini dengan mencari tahu situs dan aplikasi mana saja yang kerap memberikan voucher belanja.

Itulah beberapa cara menghemat uang belanja bulanan dengan mudah. Selama anda menjalankannya dengan disiplin, anda tidak perlu khawatir akan mengalami kesulitan keuangan lagi. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Sumber: http://www.suara.com/bisnis/2015/11/05/070000/6-cara-menghemat-uang-belanja bulanan-anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *