Cara Aman Melangsingkan Tubuh Bagi Ibu Menyusui

Cara Melangsingkan Tubuh Bagi Ibu Menyusui – Ibu menyusui merupakan sosok spesial karena air susunya memberikan gizi dan nutrisi untuk bayinya. Umumnya ibu menyusui mengeluhkan pembengkakan postur tubuh. Meski telah melahirkan, berat badan tidak otomatis kembali seperti semula.

Ada banyak ibu menyusui yang melakukan diet untuk melangsingkan tubuhnya. Lantas, bagaimana cara melangsingkan tubuh yang tepat, mengingat ibu menyusui masih harus menyusui bayinya hingga berusia 2 tahun. Berikut beberapa cara melangsingkan tubuh ibu menyusui yang tepat:

Periode Menyusui

Ibu menyusui harus menyusui bayinya hingga berusia 2 tahun, karena dengan menyusui, tubuh akan memproduksi hormon yang membantu menurunkan berat badan. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa dengan menyusui, tubuh ibu akan membakar 300-500 kkal per hari. Jumlah ini setara dengan pembakaran kalori yang dihasilkan dengan bersepeda selama 1 jam.

Cara Aman Melangsingkan Tubuh Bagi Ibu Menyusui

Cara Aman Melangsingkan Tubuh Bagi Ibu Menyusui

Menghindari makanan cepat saji

Untuk melangsingkan tubuh, ibu menyusui harus menghindari konsumsi makanan cepat saji. Selain itu, makanlah lebih sering dengan porsi kecil. Misalnya 3 kali makan utama dan 3 kali snack. Bila merasa tegang atau stress, jangan melarikannya pada makanan, tapi alihkanlah perasaan negative itu dengan bermain bersama anak anda. Anda bisa mengajaknya berjalan-jalan sambil membakar kalori.

Berolahraga rutin

Sebaiknya anda melakukan olahraga setelah selesai menyusui, agar rasa tak nyaman pada payudara dapat berkurang. Selain itu, sebaiknya anda mengenakan pakaian yang didesain khusus untuk ibu menyusui.

Melakukan aktivitas ringan

Kiat melangsingkan badan ibu menyusui berikutnya adalah dengan melakukan aktivitas ringan seperti berjalan, bersepeda, dan berenang. Lakukan semuanya dengan senyaman mungkin. Bila sudah dilakukan berulang kali dan terasa nyaman, anda dapat meningkatkan intensitasnya secara bertahap. Misalnya dengan latihan memperkuat dinding perut. Namun jika anda merasa nyeri dan sesak, segera hentikan dan konsultasikan dengan dokter.




Cukup tidur

Kebanyakan ibu tidak memiliki waktu tidur yang cukup karena merawat bayi. Padahal dengan cukup tidur, proses penurunan berat badan dapat terbantu. Pasalnya sebuah studi mengungkapkan bahwa ibu menyusui yang tidur selama 5 jam cenderung sulit langsing kembali daripada ibu menyusui yang tidur selama 7 jam. Selain itu, saat lelah, tubuh akan melepaskan hormon stress yang memicu kenaikan berat badan. Anda juga menjadi cenderung tidak memperhatikan kesehatan, dengan memilih makanan olahan. Selain itu, rasa lelah juga membuat anda semakin malas bergerak, sehingga berat badan akan sulit berkurang.

Mencari partner

Tips menurunkan berat tubuh bagi ibu menyusui berikutnya adalah dengan mencari partner. Jalanilah proses melangsingkan tubuh bersama partner agar tidak jenuh. Anda juga bisa melakukannya di klub olahraga, dimana banyak orang sedang berusaha menurunkan berat badan, sehingga anda akan termotivasi. Dan pastikan selama menjalani kegiatan ini, anda tidak lupa minum air putih.

Menghindari diet ekstrim

Baik ibu menyusui maupun tidak sangat tidak disarankan untuk menjalani diet ekstrim, seperti makan terlalu sedikit. Hal ini akan membuat tubuh menjadi kurus dalam waktu cepat namun kemudian akan kembali gemuk. Karena yang keluar dari tubuh bukanlah lemak, melainkan cairan tubuh yang menyebabkan anda menjadi lemas.

Membuat target realistis

Meski telah melahirkan, ukuran tubuh tidak akan kembali langsing dalam waktu sekejap. Oleh sebab itu, agar anda termotivasi untuk melangsingkan tubuh, anda bisa membuat target realistis. Contohnya, menempelkan foto saat sebelum hamil di tempat yang mudah terlihat.

Itulah beberapa cara melangsingkan tubuh bagi ibu menyusui. Semoga dengan cara-cara di atas, anda bisa mendapatkan bentuk tubuh yang anda inginkan. Selamat mencoba.

 

Sumber:

http://female.kompas.com/read/2013/05/16/2049312/diet.aman.saat.masih.menyusui

http://diethuteri.com/2416/memilih-makanan-untuk-diet-ibu-menyusui-yang-aman/

 

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *