Bagaimana Menghilangkan Rasa Takut Menjelang Persalinan

Menghilangkan Rasa Takut Menjelang PersalinanProses kehamilan selama 9 bulan lebih sungguh melelahkan. Hal ini merupakan sebuah perjuangan yang tidak mudah namun sangat berharga. Setelah 9 bulan, kini saatnya untuk proses persalinan, rasa lelah dan penantian lama sebentar lagi akan berakhir diganti rasa bahagia yang tak ternilai harganya.

Banyak calon ibu yang tidak sabar ingin segera melahirkan dan menimang sang buah hati. Banyak juga bunda yang merasa cemas, dan takut saat membayangkan rasa sakit melahirkan anak. Ketakutan itu biasanya datang dari diri sendiri atau cerita dari kerabat terdekat. Lalu Bagaimana Menghilangkan Rasa Takut Menjelang Persalinan?

Menghilangkan Rasa Takut Menjelang Persalinan

Menghilangkan Rasa Takut Menjelang Persalinan

Rasa Takut Proses Kelahiran Yang Tidak Lancar

Proses melahirkan memang tidak mudah. Ingatlah bahwa bunda berada di tangan dokter yang telah banyak melakukan persalinan. Hal ini juga ditunjang dengan semakin modernnya peralatan medis yang memudahkan proses kelahiran.

Rasa Takut Nyeri Yang Berlebih

Rasa nyeri ini merupakan hal yang alami. Rasa sakit melahirkan adalah bagian yang tak terpisahkan dari pengalaman bunda saat melahirkan. Setiap wanita yang melahirkan merasakan dan merespon rasa nyeri dengan cara yang berbeda. Semuanya tergantung pada seberapa cepat proses persalinan Anda. Perlu diingat bahwa rasa nyeri yang terjadi akibat kontraksi rahim saat melahirkan adalah suatu proses alami. Percayalah tubuh bunda bisa menahan rasa nyeri melahirkan.

Rasa Bersalah

Ketika bunda melahirkan, perasaan bunda biasanya akan campur aduk. Dari perasaan marah, khawatir, sedih dan lainnya. Hal ini pun normal, karena bunda sedang menahan rasa nyeri yang hebat. Biasanya timbul rasa bersalah dalam diri karena bunda tiba-tiba muntah, bab, berteriak atau panik. Ingatlah bahwa dokter maupun perawat tidak akan memarahi Anda dan tetap berusaha menolong dan menenangkan bunda.

Selain itu, guna lebih menghilangkan rasa takut menjelang persalinan, simak kiat dibawah ini:

Membayangkan Kehadiran Bayi

Bayangkanlah senangnya hati bunda ketika menimang dan menyusui sang bayi. Tangisannya yang merdu, tangan dan jari-jarinya yang mungil serta raut mukanya ketika tidur yang begitu damai. Semua proses persalinan akan terobati dengan sekejap jika bunda telah memeluk sang bayi.

Mendaftar Kelas Senam Ibu Hamil

Untuk mengurangi rasa nyeri dan memperlancar proses ketika melahirkan terdapat beberapa latihan atau senam yang bisa dilakukan. Senam hamil ini sudah lazim dan banyak dilakukan bersama-sama. Tanyakan pada dokter atau rumah bersalin terdekat mengenai program senam untuk ibu hamil ini.

Senam Ibu Hamil berguna untuk memberi kekuatan, kesehatan dan juga melatih pernafasan. Pada kelas senam hamil bunda akan dilatih bagaimana menguasai teknik pernafasan yang benar khususnya ketika bunda melahirkan nantinya. Senam ibu hamil diharapkan bisa membuat proses persalinan nantinya menjadi lebih lancar.

Memupuk Kepercayaan Diri Sendiri

Proses persalinan memang penuh perjuangan, apalagi jika ini merupakan kali pertama bagi bunda. Namun perlu disadari bahwa ini merupakan proses yang harus dilalui. Rasa percaya diri yang tinggi akan menjadi kekuatan diri yang bagus, sehingga akan membuat pikiran dan emosi bunda lebih stabil. Yakinkan diri bunda bahwa semuanya akan lancar, mudah dan baik-baik saja, Insya Allah.

Memahami Proses Melahirkan

Dengan Memahami Proses Melahirkan yang akan dilalui, maka kondisi bunda akan siap. Bacalah artikel mengenai proses persalinan dari buku, majalah atau internet. Informasi ini akan berguna bagi bunda untuk lebih Memahami Proses Melahirkan dan Menghilangkan Rasa Takut Menjelang Persalinan.

Baca Juga : Tips Menjelang Persalinan Saat Mendekati Kelahiran

 

 

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *